Sabtu, 25 April 2009

Kesenian Islam yang Dinamis

Kesenian Islam yang Dinamis
Ditulis oleh Baitul Amin
Persis sehari sebelum acara Tabligh Akbar, tepatnya Sabtu malam (15/11) pukul 19.30 – 23.30 WIB, Surau Baitul Amin Sawangan menggelar hiburan dengan mengadakan Kompetisi Marawis. Mengapa Marawis?

Menurut Pengurus III Surau Baitul Amin Sawangan H. Akhmad Syukran Bestari, SE, MMSi., lomba marawis ini bermula dari acara malam Peringatan Hari Kemerdekaan RI - 17 Agustus lalu. Saat itu ada sumbangan penampilan kelompok marawis dari ibu-ibu di sekitar surau, yang penampilannya sungguh mengesankan. ”Marawis musiknya dinamis, enak didengar, dan tak perlu banyak alat untuk dimainkan. Lagu-lagu yang disenandungkan syarat dengan tuntunan agama dan pujian terhadap Rasulullah.” ucap Bang Arie yang mengistilahkan marawis sebagai musik “user friendly”. Disamping itu, sejumlah kelompok pengajian ibu-ibu yang sering mengikuti tausiyah di Surau Baitul Amin, mempunyai kelompok marawis. Oleh sebab, dalam rangkaian kegiatan Tabligh Akbar sembari menjalin silaturahim dengan kelompok-kelompok marawis yang lain di wilayah Depok dan sekitarnya, panitia menyelenggarakan kompetisi marawis.

Ir. Agus Suryana, Ketua Panitia Kompetisi Marawis & Tabligh Akbar, mengatakan kompetisi marawis diikuti 15 peserta dari Depok dan Jakarta Selatan, hadiah berupa tropi dan uang tunai senilai Rp 3 juta bagi pemenang I, tropi + Rp 2 juta bagi pemenang II, dan tropi + Rp 1 juta bagi pemenang III. Ketiga pemenang berkesempatan tampil di acara Tabligh Akbar. ”Sama dengan Tabligh Akbar, Kompetisi Marawis direncanakan menjadi agenda berkala oleh Surau Baitul Amin Sawangan,” tegas Bang Agus.

Untuk acara Kompetisi Marawis maupun Tabligh Akbar, lanjut Bang Agus, panitia menyediakan gelaran karpet bagi penonton agar bisa menyaksikan aksi peserta dengan duduk lesehan. Panitia juga sangat memperhatikan masalah keamanan dan tempat parkir. Menurut Bang Agus, untuk aspek keamanan akan berkordinasi dengan Pokdar (Kelompok Sadar), Masyarakat setempat dan Anshor keamanan lingkungan setempat. Termasuk pengaturan parkir kendaraan, baik untuk undangan maupun pengunjung umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar